Facebook

Powered By Blogger

Senin, 18 Juni 2012

Adab Di Hari Jumat

Abu dan ummu, hari jumat adalah hari yang mulia bagi umat Islam. Hari yang penuh dengan keutamaan dan pahala. Sebagai seorang muslim, selayaknya mengetahui beberapa adab dan etika pada hari jumat sesuai yang Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam ajarkan. Makanaya, hendaknya kita kenalkan pada anak-anak kita. Berikut ini beberapa adab yang diajarkan Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam di hari Jumat.
1. Memperbanyak shalawat Nabi, seperti disabdakan oleh Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam,
“Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan ditunjukkan kepadaku. Para sahabat berkata,‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda, ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.’”  (Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)
2. Membaca surat al Kahfi.
Sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam,  “Barang siapa yang membaca surat al Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat.” (Riwayat Imam Hakim)
3. Mandi Jumat
Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barangsiapa mandi pada hari jumat, maka mandi adalah lebih utama.”  (Riwayat Tirmidzi)
Dengan melatih anak mandi Jumat, mereka akan terbiasa untuk melakukannya hingga dewasa, dan mengetahui keutamaan mandi jumat.
Silahkan simak adab selanjutnya pada lembar ya Bunayya majalah Sakinah edisi April 2010
sumber : http://majalahsakinah.com/category/bunayya/adab-islami/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar