Facebook

Powered By Blogger

Senin, 01 Oktober 2012

Dasar OOP dan C++













 

Dasar OOP dan C++

Bismillah…

Baru aja selesai kelas PBO di Kampus tercinta. Ini minggu ke 5 perkuliahan. Atmosfer panas kuliah(Pusing koding dan tugas2 seabrek)udah mulai terasa. Kudu segera kencangkan ikat pinggang neh. Okeh,malam ini ane mau ngeshare tentang OOP (Object Oriented Programming). Jangan lupa baca doa dulu sebelum belajar…

-->> Class dan Object
Konsep Class memperluas kemampuan built-in yang udah ada di C++ untuk ngebantu kita dalam merepresentasikan dan memecahkan masalah kompleks, mereka bilang "The Real World Problem".
Kita bakal bahas dulu mengenai Class dan Object.

  1. Apakah C++ adalah bahasa yang Object Oriented?
     
Bahasa C,bahasa pendahulunya C++,adalah bahasa yg paling populer  di dunia dan banyak digunakan untuk pengembangan software komersil. Bahasa C juga banyak digunakan untuk menciptakan sistem operasi(UNIX contohnya) ,real time programming(mesin,kontrol elektronik),dan baru dewasa ini dipake sebagai bahasa konvensional di dunia programming. Bahasa C ada untuk mendukung pemrograman terstruktur dimana masalah yang ada dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil (biasa disebut prosedur/fungsi) dan data2 yang dirangkai kembali dengan menggunakan sebuat struktur.

Tapi bahasa2 penelitian seperti smaltalk dan CLU udah mulai membuka jalan baru tentang permrograman berorientasi objek-sebuah konsep yang mengkombinasikan data yang terkunci dalam rangkaian2 sebuah struktur dengan fungsi yang mampu menyatukannya dalam sebuah unit yang disebut objek.

Kalo ente masih bingung ama yang namanya objek,gampangnya gini. Coba ente perhatiin dah keluar jendela kamar. Dunia ini banyak dipenuhi objek. Contohnya ada anjing,kucing,mobil,awan,bunga. Tiap objek tersebut punya karakteristik(misalnya wangi,cepet,cantik,ramah). Dan biasanya objek juga punya kelakuan,(misalnya pindah tempat,nggigit,berjalan,hujan). Secara normal,Kalo kita naik mobil kita kan gak harus mikirin tentang spesifikasi mobil itu(misal mesinnya apa,kacanya pake bahan apa,gimana bentuk pistonnya). Kita Cuma perlu minimal tau bahwa mobil ya sebuah benda dan dia bisa kita pake buat melakukan hal-hal tertentu. Nah objek yang  bakal kita bicarain dalam domain komputer juga punya konsep yang sama persis dengan permisalan si mobil tadi.
C++ merupakan bahasa yang menjembatani OOP dan juga bahasa C. Tujuannya yaitu nyediain design OOP yang cepet,platform pengembangan software komersil,dengan spesial fokus pada perfomance.

Nah terus kenapa kita mesti repot -repot belajar konsep Class ini??
Jawabannya....Konsep struct punya beberapa kelemahan yang coba dicover sama konsep Class ini,yaitu :

  • Data pada struct bisa mengalami interferensi,atau gangguan ketika sekelompok dari program logic yang ada di struct itu berubah. Sedangkan di konsep Class kita punya access modifier private,protected,friend dan public.

tahan dulu ye, ntar ane lanjut lagi...
keep stay tune

Angga Eka P
-Kampus Pahlawan-








1 komentar: